Lilypie Next Birthday Ticker

Friday, June 1, 2007

Test Free Hotspot Telkom di Anjungan Pantai Losari

Hari ini Ayah dan teman ayah yang kerja di majalah Makassar Terkini lagi mau coba free hotspot dari telkom, Tapi sebelumnya mereka berdua singgah dulu di Jakarta Foto soalnya foto pengantin Ayah dan Ibu mau di Scan dan di cetak perbesar.
Nama teman Ayah itu Anshar, dia sih tinggalnya dekat rumah juga. Mereka tiba di anjungan pantai losari tepat jam 21.00. Sesampainya disana mereka agak kebingungan mau duduk dimana soalnya di anjungan pantai losari sudah banyak orang, tidak berapa lama akhirnya mereka dapat juga tempat untuk duduk soalnya ayah mau cari tempat yang tidak terlalu ramai (takut dibilangi begaya).
Setelah menghidupkan Notebook, ayah kemudian mencoba mencari sinyal dari hotspotnya yang tidak beberapa lama langsung muncul. Ayah memilih satu dari beberapa SSID yang ada, terus secara otomatis langsung terkoneksi dengan jaringan free hotspot telkom.
Ayah langsung buka browser untuk melakukan browsing, tapi tiba-tiba yang muncul halaman web login dari telkom, jadi harus isi username dan password. Waduh mereka kesana tanpa tahu username dan password yang harus dipakai, jadinya mereka berdua kebingungan. Untungnya disana ada beberapa orang yang ikut juga menikmati koneksinya dan Ansar mengambil inisiatif untuk menanyakan username dan password yang harus digunakan.
Selama tanggal 27 Mei-30 Juni 2007 dianjungan Pantai Losari Makassar kita dapat mengakses internet dengan gratis cukup memasukkan username=makassar dan password=ultah400. Sayang yah cuma sebulan saja freenya, habis itu mesti beli krtu IVASnya telkom :).
Ayah sedikit kecewa soalnya kecepatan koneksinya tidak seperti yang diharapkan, tapi cukuplah untuk sesuatu yang gratis. Dimana-mana yang gratis itu ada batasannya :).
Sewaktu ayah lagi asyik browsing ada beberapa orang yang datang ke Ayah nanya cara koneksinya bagaimana, dalam hati ayah berkata kirain semua yang bawa notebook tadi sudah asyik menikmati koneksi internet, ternyata cuma pada sibuk mencari cara untuk menghubungkan koneksi wirelessnya saja. Makanya prinsip "Malu Bertanya Sesat Dijalan" harus tetap dipakai.
Oh iya ini ada sedikit informasi yang dapat dipakai buat teman-teman yang mau menggunakan koneksi hotspot dari telkom di anjungan pantai losari makassar
  1. Untuk menggunakan fasilitas ini koneksi yang dibutuhkan adalah koneksi wireless, jadi pastikan laptop/notebook yang digunakan itu memiliki wireless
  2. Wireless pada notebook biasanya tidak langsung aktif, ada beberapa model notebook yang menggunakan tombol untuk mengaktifkannya, jadi pastikan dulu wireless kita sudah aktif soalnya tidak sedikit orang yang dipusingkan dengan tombol ini.
  3. Pastikan setting IP Address pada wireless itu pada posisi Obtain an IP address automatically, biasanya defaultnya seperti ini.
  4. Setelah itu View Available Wireless, trus konek pada salah satu SSID hotspot yang tersedia.
  5. Secara otomatis komputer kita akan terkoneksi, dan diberi alamat IP address oleh system
  6. Jalankan Web Browser dan buka salah satu situs, untuk pertama kali kita langsung akan di arahkan ke halaman web login free hotspot dari telkom.
  7. Isi Username = makassar, password=ultah400 , trus pilih saya setuju kemudian login
  8. Selamat menikmati koneksi internet gratis selama sebulan (klo bisa sih maunya free forever)
  9. Hampir lupa nih, jangan lupa nonaktifkan folder sharing kita, soalnya sekarang kita terkoneksi ke jaringan umum (publik) jadi jangan sampai data-data di komputer kita di curi, dihapus ato di ........ sama orang lain. Intinya jangan lupa amankan komputer kita masing2 soalnya penyedia hotspot tidak bertanggung jawab terhadap masalah ini.

Udah dulu yah soalnya baterai notebook ayah sudah mau habis dan lagian sekarang juga udah malam (22.45) , nanti ketahuan ibu bisa2 ayah kena marah. Ibu sih marahnya untuk kebaikan ayah karena terkadang ayah lupa untuk istirahat. Bye All

No comments: