Lilypie Next Birthday Ticker

Monday, October 1, 2007

Kena Virus ............

Hari Ahad kemarin rencananya Ayah Fathiin mau buat modul dan presentasi, berhubung 2 hari yang lalu notebook kantor yang biasa Ayah gunakan lagi dipinjam.
Kemarin notebooknya baru di kembalikan dan diambil oleh Ayah dengan titipan pesan katanya notebooknya kena virus dari flash disk yang digunakan oleh yang meminjam notebook (psttttt.... tidak bole sebut nama :) ).
Ayah jadi penasaran virus apa yang menyerang notebook tersebut, usut punya usut ternyata terkena virus Blue Fantasy, lebih detail tentang Blue Fantasy klik disini. Sebenarnya sih jenis virus ini sudah bisa dideteksi oleh AVG Free Edition yang kebetulan terpasang pada notebook kantor Ayah, cuma kebiasaan pengguna komputer yang tidak terlalu berhati-hati yang sembarang saja mengklik, akhirnya virusnya bisa nembus juga.
Sebaik dan sekuat apapun anti virus yang kita gunakan, kalau kita tidak terlalu berhati2 akhirnya bisa juga ditembus.
Kembali ke Laptop (seperti tukul saja...) Hari ini Ayah Fathiin mutusin mau membersihkan virusnya, karena tidak tahu-menahu tentang virus ini akhirnya Ayah Fathiin tanya aja sama Om Google yang akhirnya memberikan berbagai literatur. Dari berbagai literatur yang Ayah Fathiin temukan, akhirnya Ayah Fathiin mencoba membersihkan virus ini dengan cara :
  1. Menon aktifkan fasilitas system restore pada windows xp, caranya klik disini
  2. Restart Komputer kemudian jalankan Windows pada SAFE Mode
  3. Menggunkan Task Manager Kill proses Adobe Update dan Adobe Online
  4. Buka Windows Explorer, buka tab view pada folder option, aktifkan show hidden files and folders. klik ok
  5. Gunakan menu search untuk mencari file *.scr (file folder ukuran 40 KB), thumbs .db, Adobe Update dan Adobe Online kemudian hapus saja Filenya
  6. Hilangkan Attribut hidden pada folder yang tersembunyi Caranya :
    attrib -H /s /d
    atauattrib -S -H /s /d
    Untuk perintah yang kedua harap hati2. Sebab itu akan menghilangkan atribut system file. Jadi gunakan klo misal bukan drive yang ada file instalasi Windows. Lakukan command itu di root directory dari suatu drive.
  7. ubah isi dari registry key :HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon bagian LegalNoticeCaption dan LegalNoticeText dikosongi
  8. Restart komputer

Akhirnya notebook kantor Ayah Fathiin normal kembali, trima kasih ya kawan2 yang telah memposting tulisan tentang virus ini, tadinya yang terlintas dikepalah Ayah Fathiin yaitu Format Ulang yang selalu menjadi langkah terakhir yang kadang2 menjadi langkah awal kalau tidak tahu apa yang lagi dihadapi.

No comments: