Lilypie Next Birthday Ticker

Thursday, August 16, 2007

Internet Control Message Protokol



ICMP (Internet Control Message Protocol, RFC792) merupakan bagian integral dari IP dan harus di terapkan pada tiap-tiap modul IP. ICMP menggunakan bantuan utama dari Internet Protocol sebagaitingkatan protokol yang lebih tinggi. ICMP digunakan karena tujuan dari protokol ini, sebagai contoh untuk untuk melaporkan suatu kesalahan di dalam proses datagram.
Tujuan kendali pesan (Control Message) ini akan menyediakan umpan balik tentang permasalahan yang terjadi di dalam jaringan komunikasi, tidak untuk membuat IP jauh lebih handal. Pesan

ICMP hanya akan dikirimkan apabila suatu datagram tidak bisa menjangkau tujuannya, manakala Gateway tidak mempunyai kapasitas buffer untuk meneruskan suatu datagram, dan manakala Gateway dapat mengarahkan host untuk mengirimkan lalu lintas pada suatu rute yang lebih pendek.

Tidak ada jaminan bahwa setiap paket data akan dapat dikirimkan dan selalu mengembalikan pesan ICMP, tetap ada paket data yang tidak dapat dikirimkan dan tidak mengembalikan pesan apa-apa.

Format Pesan
Pesan ICMP dikirim menggunakan dasar IP Header. Oktet Pertama dari porsi data menyangkut datagram adalah suatu ICMP bertipe Field; nilai dari Field ini menentukan format dari data sisanya. Field manapun yang berlabel " tak terpakai" disediakan untuk perluasan nantinya dan harus nol ketika dikirim, tetapi penerima mestinya tidak menggunakan Field ini
(kecuali untuk memasukkannya di dalam checksum).

Pesan-pesan ICMP yang biasa muncul ketika transmisi data :

  • Destination Unreachable Message
    Destination Unreachable Message dapat dikirimkan apabila host tujuan tidak dapat dicapai yang dalam beberapa jaringan, Gateway mungkin mampu menetukan jika internet host tujuan tidak dapat dicapai.
    Juga apabila IP modul tidak bisa mengirimkan datagram dalam host tujuan sebab modul protokol yang ditandai atau port proses tidak aktif. Selain itu Destination Unreachable Message dapat dikirimkan Jika suatu datagram harus terbagi-bagi untuk disampaikan oleh gateway yang Tidak Membagi-Bagi sehingga bendera dalam keadaan aktif, gateway harus membuang/membatalkan datagram.

  • Time Exceeded Message
    Time Exceeded Messagedapat dikirimkan Jika datagram harus dibuang/dibatalkan akibat dalam proses datagram menemukan waktu untuk tinggal field sama dengan nol atau datagram yang terbagi-bagi tidak dapat dikumpulkan kembali oleh suatu host yang tidak dapat melengkapi assembly ulang dalam kaitan
    dengan fragmen yang hilang di dalam suatu batas waktu.

  • Parameter Problem Message
    Parameter Problem Message dikirim jika kesalahan yang terjadi dalam datagram menyebabkan datagram harus dibuang sebagai akibat dari gateway atau host yang memproses suatu datagram menemukan suatu masalah dengan parameter header yang tidak bisa menyelesaikan memproses datagram.

  • Source Quench Message
    Source Quench Message dikirim jika suatu gateway membuang suatu datagram yang diakibatkan oleh gateway yang tidak mempunyai kapasitas buffer yang diperlukan untuk mengantrikan datagram untuk keluaran pada jaringan yang berikutnya pada rute kepada jaringan tujuan.
    Source Quench Message juga dapat terjadi jika kecepatan transfer telah mendekati batas kemampuannya, atau gateway mengalami kesibukan yang terjadi akibat overload pada jaringan sehingga gateway tidak dapat meneruskan suatu datagram.

  • Redirect Message
    Redirect Message dikirimkan jika suatu gateway menerima suatu internet datagram dari suatu host pada jaringan yang sama dimana gateway tersebut meneruskan kepada gateway yang lain dimana gateway yang lain tersebut dan host yang dikenali oleh alamat internet sumber dari datagram terletak pada jaringan yang sama.
    Pesan ini memberi saran kepada host asal datagram mengenai rute yang lebih tepat untuk menerima datagram tersebut.
    Untuk datagram dengan IP soure route option dan alamat gateway di dalam alamat tujuan field, tidak akan dikirim sekalipun ada suatu rute lebih baik kepada tujuan yang terakhir dibanding alamat yang berikutnya di dalam rute sumber.

  • Echo or Echo Reply Message
    Pesan ini saling mempertukarkan data antara host dimana data diteirma dalam echo messsage dan di kembalikan dalam echo reply message. Echo mengembalikan nilai-nilai yang sama dengan nilai yang ada pada echo reply.

  • Timestamp or Timestamp Reply Message
    Data yang diterima ( suatu timestamp) dalam pesan dikembalikan dalam jawaban bersama-sama dengan suatu timestamp tambahan. Originate Timestamp adalah waktu pengirim yang terakhir disentuh dari pesan sebelum pengiriman pesan itu, Receive Timestamp adalah waktu pertama echo disentuh pada saat diterima, dan Transmit Timestamp adalah waktu terakahir gema disentuh pesan pada saat pengiriman itu.

  • Information Request or Information Reply Messagea
    Pesan ini adalah suatu cara untuk suatu host untuk menemukan banyaknya jaringan yang terpasang. Pesan ini mungkin dikirim dengan jaringan sumber dalam IP header sumber dan alamat tujuan menunjuk field nol ( yang artinya "jaringan ini").

No comments: